Donor Kornea Mata

Hai, Teman Jalan!
Apa kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu.

Kali ini saya gak bagi pengalaman jalan-jalan tapi tentang donor kornea mata. Mungkin Teman Jalan sudah mengetahui tentang donor kornea mata. Menurut pengetahuanku donor kornea mata ini akan diambil ketika kita sudah meninggal. Agen yang akan mengambil adalah agen yang sudah terdaftar komunitas atau tempat resmi donor kornea mata.


Syarat yang harus dipenuhi adalah diketahui oleh keluarga secara resmi, secara sukarela mendaftar sebagai pendonor kornea mata, dan sebagainya. Saya mendaftar sejak tahun 2022. Saya mendaftar di Lions Eye Bank Jakarta (LEBJ) melalui daring di tautan Instagram.

Setelah saya mendaftar, saya mendapat satu paket stiker hologram yang ditempelkan di KTP, brosur, dan stiker nomor telepon yang bisa dihubungi oleh keluarga atau kerabat saat kita meninggal. Stiker nomor telepon ini ditempelkan di bagian rumah yang mudah terlihat, ya. Brosur tersebut berisi informasi kornea mata, cara mengambil kornea mata saat meninggal, dan informasi lainnya. LEBJ juga bekerja sama dengan rumah sakit terdekat di tempat tinggal kita.

Motivasi saya menjadi pendonor kornea mata adalah banyak orang yang membutuhkan kesehatan penglihatan yang baik sedangkan kebutuhan kornea mata di Indonesia masih sangat sedikit. Saya juga ingin meninggalkan kenangan yang baik dengan apapun yang saya lihat selama saya masih hidup untuk calon penerima kornea mata saya nantinya. Tinggalkanlah pengalaman yang baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Untuk kalian yang sedang berjuang dan merasa sedang tidak berguna dalam hidup kalian, kalian masih punya bagian tubuh yaitu kornea mata yang bisa kalian donorkan saat kalian meninggal dunia nantinya. Bertahanlah hidup sampai saat itu tiba, sampai saat kalian senang berbagi kornea mata kalian.

Hiduplah sampai saat itu tiba 😊

Speak Yourself 💜


Komentar