Tes Bebas Narkoba di Laboratorium Klinik Cito Semarang

Hai, Teman Jalan!

Apa kabar? Semoga kalian selalu sehat dan bahagia. Stay safe!

Maaf, ya, untuk tahun ini tidak menulis tentang jalan-jalan karena lagi di masa pandemi dan saya sendiri jarang keluar rumah kalau tidak ada hal yang mendesak dan sangat penting untuk dilakukan. Sibuk dengan kegiatan kuliah daring dan tugas-tugas kuliah juga. Sekian curhatan saya, hehe.

Beberapa bulan ini aktif lamar kerja lagi lewat daring dan urus berbagai persyaratan berkas yang harus disertakan termasuk ada syarat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN). Baru pertama kali ini melakukan tes bebas narkoba di lab, prosesnya mudah dan biayanya terjangkau.

Teman Jalan bisa ambil tes bebas narkoba di Laboratorium Klinik Cito Semarang tinggal pilih mana yang terdekat apakah di Indraprasta, dr. Cipto, atau Setiabudi, saya sendiri ambil tes bebas narkoba di jalan Indraprasta. Dengan adanya Protokol Kesehatan Covid-19, Teman Jalan diperiksa suhu tubuh dan isi formulir riwayat kesehatan dan perjalanan di teras gedung oleh petugas kesehatan sebelum masuk ke dalam gedung.


Formulir Riwayat Kesehatan


Teman Jalan diarahkan ke lantai 2 untuk mendaftar ke dokter umum sebelum menjalani tes bebas narkoba. Ada ruangan sebelah kanan tangga, setelah masuk Teman Jalan lihat ada meja pendaftaran di sebelah kanan. Teman Jalan akan dilayani oleh petugas di meja pendaftaran, siapkan KTP dan uang pendaftaran. Jangan lupa sampaikan tujuan Teman Jalan tes bebas narkoba keperluannya untuk syarat kerja, kuliah, atau kepentingan lain. Setelah Teman Jalan mendaftar, Teman Jalan diarahkan untuk menunggu panggilan dokter umum di ruang tunggu. Teman Jalan perlu bertemu dengan dokter umum untuk menerima formulir pengantar untuk tes narkoba.

Saat bertemu dengan dokter, Teman Jalan sampaikan keperluan tes narkoba untuk apa. Kalau dokter bertanya ingin tes bebas narkoba jenis apa, sampaikan secara detil jika memang di syarat SKBN harus mencantumkan tes bebas narkoba jenis tertentu atau tidak. Saya sendiri tidak ada keterangan khusus harus tes bebas narkoba jenis tertentu jadi diarahkan oleh dokter umum untuk tes bebas narkoba jenis Amphetamine karena masa kini banyak yang menggunakan itu.

Setelah dapat formulir tes bebas narkoba dari dokter umum, Teman Jalan ke lantai 1 ambil nomor antrian customer service untuk mendaftar tes lab. Jangan lupa formulir tes bebas narkoba dan bukti pembayaran pendaftaran dokter umum dibawa. Teman Jalan akan dipanggil sambil menyerahkan formulir tes bebas narkoba dan bukti pembayaran. Teman Jalan diminta untuk mengisi formulir persetujuan tes lab kali ini formulirnya lebih singkat isi nama lengkap, nomor KTP, keperluan tes lab, dan riwayat obat yang Teman Jalan minum selama tiga hari terakhir. Biaya pendaftaran tes bebas narkoba sebesar Rp100.000. Setelah proses pendaftaran tes lab selesai, Teman Jalan akan diberikan bukti pembayaran tes lab, tetap disimpan ya untuk mengambil hasil tes lab perlu menunjukkan bukti pembayaran tes lab. Jadwal pengambilan hasil tes lab akan dinformasikan oleh petugas customer service.


Customer Service
Foto: dokumentasi pribadi, 2020

Teman Jalan akan dipanggil untuk tes lab di dalam ruang pengambilan spesimen, pasang telinga ya apalagi kalau ramai pasti kurang terdengar. Di dalam ruang pengambilan spesimen nanti, Teman Jalan akan diarahkan oleh petugas kesehatan. Teman Jalan tidak perlu khawatir karena kita sendiri yang melakukannya dan petunjuk cara pengambilan air seni sebelum dan sesudah ada di dalam toilet. Saya sarankan Teman Jalan banyak minum dan tahan buang air kecil, ya, sebelum proses pengambilan spesimen.

Hasil tes bebas narkoba dapat diambil di loket customer service, Teman Jalan cukup bawa bukti pembayaran tes lab dan tidak perlu ambil nomor antrian. Kalau petugas customer service sedang melayani orang lain, Teman Jalan harap menunggu dulu, lebih baik tidak menyela.

Mudah 'kan prosesnya? 😉


Sampai jumpa lagi di pengalamanku yang lain! Semoga bisa berbagi pengalaman jalan-jalan lagi, ya!


Speak Yourself
💜

Komentar